Install Driver NVIDIA Di Linux


Kebanyakan kita membeli peralatan elektronika yang mahal2 tetapi tidak bisa mengoptimalkan kemampuan alatnya. Salah satunya beli laptop dengan kemampuan grafis tinggi tapi tidak disertai instalasi driver yang pas, sehingga eman-eman, sayang tidak terpakai.
Umumnya utk laptop/notebook os windows sudah disertakan cd driver-nya, tetapi bagi os linux mesti nyari sendiri. Ini yang agak repot dan itu terjadi pada notebook saya. Jenis notebook saya adalah Asus A43S dengan cpu: Intel Pentium B940, 2.0Ghz, memory: 4GB dengan driver grafis NVIDIA GT 520M, Cuda 512MB.
Karena gak bisa2 install driver nvidia, akhirnya saya masuk ke irc.freenode.net di kanal #blankon (situs: http://webchat.freenode.net) dan bertemu dengan para pendekar ber-BlankOn. Singkat cerita saya dituntun jurus-jurus command linux, begitu. Akhirnya jadi  deh, Blankon-ku ber-NVIDIA. Ini juga saya terapkan pada Ubuntu-ku, karena notebook saya multi OS (blankon, ubuntu, opensuse, windows 7).
Kenapa saya ngotot harus ber-BlankOn NVIDIA? Sebab kalo tidak di-install ternyata banyak aplikasi yang gak running, misal gak bisa menjalankan Google Earth, padahal ini termasuk kesenanganku berplesiran di jagad maya.
Tulisan ini sebenarnya membahas cara memasang atau install driver nvidia geforce 520M pada Blankon Pattimura/Ubuntu 11.0, tetapi dapat juga diterapkan pada produk nvidia geforce yang lain.
Ok berikut ini langkah-langkahnya:
1. Download driver yang sesuai pada link: http://www.geforce.com/Drivers, pilih produk yang sesuai pada Manual Driver Search. Ikuti langkahnya sampai Download.
2. Setelah selesai download, masuk ke folder dimana file driver tadi disimpan menggunakan terminal/console
3. Ketik berikut utk mengubah moderasi: chmod +x *.run (*.run adalah nama file driver nvidia linux-nya)
contoh: chmod +x NVIDIA-Linux-x86-275.21.run
4. Matikan x server gdm dengan perintah:  sudo service gdm stop (ingat setelah perintah ini maka mode grafis akan menjadi mode teks, jangan panik). Langsung lakukan langkah berikutnya.
5. Tekan Alt + F1
6. Login
7. Masih di folder di mana driver nvidia disimpan, ketik: sudo sh *.run -q  (*.run adalah nama file driver nvidia linux-nya).
Sebagai contoh: sudo sh NVIDIA-Linux-x86-275.21.run -q
Ikuti prosedurnya sampai selesai.
8. Setelah ada keterangan sukses, ketik perintah berikut:  sudo service gdm start
9. Insya Allah sudah selesai.
10. Jika masih ada error, ketik: sudo nvidia-xconfig
11. Supaya yakin laptop di-restart.
12. Diamalkan, semoga langkah di atas tidak ada yang salah, kalo ada salah ya dikoreksi saja, begitu.
13. TERIMA KASIH untuk pendekar ber-BlankOn: <princeofgiri>

0 komentar:

Copyright © 2012 Nugasoft Production.