Panduan pemula menggunakan Construct 2 (Bagian 1)

Selamat anda telah memilih Construct 2! Saatnya memulai membuat game HTML5 pertama anda. Kita akan membuat 'Ghost Shooter' demo game. Coba di sini terlebih dahulu sehingga kamu tahu apa tujuan yang ingin kita capai: seorang pemain yang akan melihat ke arah sudut pandang mouse, bergerak dengan 'arrow keys', dan menembak monster dengan mouse. Anda akan mempelajari semuanya yang dibutuhkan untuk mengetahui cara membuat game sederhana - dari 'layers' sampai dengan 'event system'!
*Catatan: harap jangan bertanya untuk bantuan di dalam komentar pada tutorial ini! Daripada itu, mampirlah ke forum kami untuk mendapatkan respon terbaik dari berbagai pertanyaan yang anda miliki.

Tutorial-Tutorial Alternatif

Ini adalah tutorial alternatif untuk pemula: How to make a platform game, ditujukan untuk membuat sebuah 'jump-and-run platformer' daripada sebuah 'top down shooter'. Anda dapat memulainya dengan tutorial lainnya, akan tetapi kami merekomendasikan anda untuk menyelesaikan keduanya sehingga anda akan mendapatkan ide dasar bagaimana cara membuat kedua jenis game ini.
Ada juga How to make an Asteroids clone in under 100 events oleh Kyatric yang sedikit lebih sulit namun sangat detail.

Menginstall Construct 2

Jika anda belum memilikinya, segera dapatkan Construct 2 di sini. Construct 2 Editor hanya dapat digunakan pada Windows, akan tetapi game yang anda buat dapat dijalankan di banyak platform, seperti Mac, Linux, dan iPad. Construct 2 juga dapat diinstal pada 'user account' yang terbatas. Sifatnya juga 'portable', jadi anda dapat menginstallnya di USB Stick, dan membawanya bersamamu!

Segera Memulai

Sekarang anda sudah siap, jalankan Construct 2. Klik tombol File, dan pilih New.
The File menu 'New' button.
Pada dialog New Project ini, anda tidak perlu mengganti apapun. Cukup mengklik Create project. Construct 2 akan menyimpan data seluruh project kita dalam sebuah file .capx. Sekarang anda akan melihat layout kosong - sudut pandang 'design' di mana anda dapat membuat dan mengatur posisi objek. Pikirkan sebuah layout seperti sebuah level game atau layar menu. Di 'tool' lain, ini dapat juga disebut sebagai roomscene atau frame.

Memasukan Objek

Tiled Background

Hal pertama yang ingin kita lakukan adalah melakukan perulangan terhadap 'background tile'. Objek Tiled Background dapat melakukan hal ini untuk kita. Pertama, siapkan tekstur background berikut ini - klik kanan dan simpan ke dalam folder manapun dalam komputer anda:
The Tiled Background texture
Sekarang, Klik 2x space kosong pada bagian layout untuk memasukkan objek. (Selanjutnya, jika sudah penuh, dapat juga dilakukan dengan cara klik kanan dan pilih Insert new object.) Setelah dialog Insert new object muncul, klik 2x Tiled Background object untuk memasukkannya.
The Insert New Object dialog.

Sebuah crosshair akan muncul untuk menandakan tempat untuk meletakkan objek. Klik dimanapun di bagian tengah layout. Texture editor sekarang terbuka, anda dapat memasukan tekstur ke 'tile'. Segera import 'tile image' yang anda simpan sebelumnya. Klik icon folder untuk memanggil tekstur dari disk, cari di mana anda menyimpannya tadi, dan pilih.
Load texture from file
Tutup texture editor dengan cara klik tanda X pada kanan atas. Jika diminta, pastikan anda telah menyimpan data! Sekarang anda akan melihat 'tiled background' objek pada layout. Saatnya mengubah ukurannya sehingga memenuhi layout game. Pastikan objek tersebut telah terseleksi, lalu Properties Bar di sebelah kiri seharusnya menunjukkan semua pengaturan untuk objek tersebut, termasuk ukuran dan posisinya. Atur posisinya menjadi 0, 0 (kiri atas dari layout), dan ukurannya menjadi 1280, 1024 (ukuran dari layout).
Tiled Background properties
Saatnya meninjau progress kita sampai di sini. Tahan control dan lalukan scrollmouse wheel down untuk zoom out. Cara alternatif, klik view - zoom outbeberapa kali. Anda juga dapat menekan tombol space, atau tombol tengah mouse, untuk bergeser. Mudah, bukan? Tiled background anda kini telah memenuhi seluruh isi layout:
The inserted tiled background.

Tekan kombinasi tombol CTRL+0 atau klik view - zoom to 100% untuk mengembalikan ke sudut pandang 1:1.
(Jika kamu tipe orang yang 'tidak sabaran' seperti saya, klik ikon kecil 'run' pada jendela title bar - browser anda akan menampilkan tiled layout sesuai dengan yang anda telah buat! Woo! Senangnya :D)

1 komentar:

  1. gan menurut saya gadget sosmed yang di pinggir menghalangi pandangan client.

    conto blog yang baik dan menar akan di sayang google hhtp://asn17.esy.es/

    BalasHapus

Copyright © 2012 Nugasoft Production.