Dukungan Sprite di Construct 2

Construct 2 secara tradisional hanya didukung animasi frame-by-frame. Ini bisa sulit untuk mendapatkan melihat benar-benar mulus, karena pada dasarnya swap antara gambar terpisah - dan lebih banyak frame yang Anda gunakan, semakin banyak memori yang Anda akhirnya menggunakan.

Spriter adalah alat animasi yang dibuat oleh Brashmonkey yang menyediakan alternatif. Hal ini memungkinkan karakter animasi yang akan dirancang dengan menggunakan lancar bergerak segmen independen, yang dikenal sebagai "modular" atau "tulang" animasi. Karena animasi pada dasarnya seperangkat kecil gambar dengan beberapa data tentang di mana untuk memindahkan mereka, mereka muncul jauh lebih halus dan penggunaan memori gambar jauh lebih rendah daripada yang praktis untuk mencapai dengan animasi frame-by-frame - ke titik bahwa Anda dapat membuat animasi tidak mungkin untuk membuat dengan bingkai! Berikut ini contohnya:




Sejak r139, sekarang jauh lebih mudah mengambil keuntungan dari jenis animasi di Konstruk 2 game. Jadi bagaimana cara kerjanya?

Setup pertama kali
Anda dapat men-download dan menginstal Spriter dari halaman download Brashmonkey itu. Jika Anda hanya ingin mencoba ini dengan cepat, Anda juga dapat hanya mendownload file Spriter contoh dari halaman yang sama. Aku akan melewatkan desain yang sebenarnya dari sebuah animasi di Spriter - materi pada website Brashmonkey yang sudah menutupi itu baik!

Selanjutnya Anda akan perlu menginstal plugin Spriter untuk Membangun 2. Jika Anda memerlukan bantuan menginstal, lihat entri manual pada instalasi pihak ketiga addons.

Mengimpor animasi Spriter Membangun 2
Untuk mengimpor Membangun 2, ada tidak perlu bahkan ekspor dari Spriter. Cukup cari folder proyek Spriter Anda pada Windows Explorer. Anda akan melihat file proyek utama adalah file SCML.. Ini juga mengapa plugin Spriter disebut "SCML" (... dan juga sebagian untuk menghindari kebingungan dengan "Sprite" objek!)

Dengan tata letak yang terbuka di Bina 2, cukup drag dan drop file SCML. Untuk tata letak. Kemudian Anda akan diminta untuk memilih lembar acara.

Spriter import: selecting an event sheet

Spriter impor: memilih lembar acara
Hal ini karena Konstruk 2 menghasilkan sebuah acara untuk mengatur obyek Spriter, yang diperlukan untuk animasi untuk bekerja dengan baik, dan Membangun 2 kebutuhan untuk mengetahui di mana untuk menempatkan acara tersebut. Setiap layout yang menggunakan animasi Spriter akan perlu memiliki acara ini. Jika Anda memiliki banyak layout, membuat lembar peristiwa tunggal dengan peristiwa umum dan memasukkannya pada lembar acara masing-masing tata letak sendiri.

Setelah Anda telah memilih lembar acara, Konstruk 2 menghasilkan objek sprite untuk setiap segmen, semua dalam keluarga mereka sendiri, terkait ke sebuah wadah, dan ditempatkan di bawah subfolder dalam Proyek Bar.

Spriter import: the added sprites in the layout view

Spriter impor: sprite ditambahkan dalam tampilan tata letak
File SCML. Juga diimpor sebagai file proyek, karena berisi data animasi. Karena benda berada dalam keluarga, itu membuatnya mudah untuk membuat acara yang berlaku untuk semua segmen, dan karena mereka semua dalam sebuah wadah, peristiwa alami memperlakukan semua benda yang membentuk animasi sebagai satu kesatuan. Memberikan Anda menggunakan versi terbaru dari Spriter, Bina 2 bahkan harus mengatur semua segmen dalam tata letak untuk sesuai dengan titik awal animasi, seperti yang ditunjukkan di atas.

Jalankan proyek dan Anda akan melihat animasi Anda hidup dan menendang!

Menggunakan animasi Spriter
Berikut adalah beberapa tips saat menggunakan animasi Spriter impor:

Jika Anda memilih sprite tunggal dari animasi yang diimpor dan tekan W, seluruh karakter Spriter dipilih dan pemilihan dibungkus. Hal ini membuat nyaman untuk memanipulasi karakter secara keseluruhan dalam Layout View.
Karena cara Membangun 2 memperlakukan kontainer, jika Anda duplikat (Ctrl + Drag) setiap segmen tunggal dalam editor, ketika Anda melihat Anda akan mendapatkan karakter Spriter lain lengkap. Untuk menghindari kebingungan, selalu menduplikasi karakter dengan menekan W untuk memilih semuanya, kemudian Ctrl + drag pilihan penuh untuk mendapatkan karakter baru penuh dalam editor juga.
The SCML objek memiliki tindakan untuk mengatur animasi dan mengontrol animasi Spriter.
Jangan mengubah nama apa pun yang diimpor - proses Mengimpor tergantung pada nama-nama hal yang diimpor. Lihat di bawah untuk lebih.
Re-impor animasi
Jika Anda memperbarui animasi dalam Spriter, seperti menambahkan animasi atau segmen baru, mudah untuk memperbarui apa yang Anda miliki di Konstruk 2: hanya drag-and-drop file SCML untuk Membangun 2 lagi, dan itu akan memperbarui yang ada impor bukannya menambahkan seluruh lagi. Catatan namun Anda tidak harus mengganti nama apa pun yang awalnya diimpor, jika Membangun 2 mungkin tidak menyadari bahwa Anda mengimpor file SCML sama lagi, dan kemudian Anda akan mendapatkan satu set baru objek bukan memperbarui yang lama.

Membangun 2 cukup pintar untuk menambahkan objek dan frame yang baru, menghapus objek dan frame yang tidak lagi digunakan, dan memperbarui file SCML dalam proyek. Satu hal yang tidak melakukan meskipun adalah menghapus acara inisialisasi lama, sehingga Anda akan berakhir dengan dua peristiwa inisialisasi. Hal ini seharusnya tidak menjadi masalah - yang kedua mengambil prioritas - tapi untuk menjaga acara Anda rapi Anda mungkin akan ingin pergi dan menghapus acara inisialisasi tua. Yang terbaru akan berada di bagian bawah lembar acara.

Kesimpulan
Ketika penerbitan, jangan lupa server Anda harus melayani ekstensi file scml. Dengan tipe MIME text / xml. Beberapa pengembalian server '404 Tidak Ditemukan 'untuk file mereka tidak memiliki tipe MIME, dan ini akan mematahkan animasi Spriter Anda.

Ada lebih banyak fitur Spriter di jalan juga: peta karakter, hitboxes animasi dan titik kontrol, variabel animatable, efek suara memicu, dan banyak lagi. Ada juga beberapa fitur tambahan untuk plugin SCML dalam bekerja, seperti tweening antara animasi bukan tiba-tiba berubah, dan dukungan untuk ". SCON" file (dalam format JSON) untuk mendukung dalam CocoonJS. Spriter masih dalam versi beta, namun rilis 1.0 akan datang segera!

Spriter memberikan pilihan menarik bagi cara baru untuk membuat animasi. Spriter + Konstruk 2 adalah kombinasi yang kuat, sehingga mencobanya dan mempertimbangkan apakah itu mungkin bekerja untuk pertandingan berikutnya!

0 komentar:

Copyright © 2012 Nugasoft Production.