Rangkuman sekilas tentang Android

ANDROID










Pengertian Hadirnya Android

A
ndroid adalah sebuah sistem operasi untuk perangkat mobile yang menyertakan middleware (virtual machine) dan sejumlah aplikasi utama. Android merupakan modifikasi dari kernel linux.
Pada Juli 2000, Google bekerjasama dengan Android Inc., perusahaan yang berada di Palo Alto, California Amerika Serikat. Para pendiri Android Inc. bekerja pada Google, di antaranya Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Saat itu banyak yang menganggap fungsi Android Inc. hanyalah sebagai perangkat lunak pada telepon seluler. Sejak saat itu muncul rumor bahwa Google hendak memasuki pasar telepon seluler. Di perusahaan Google, tim yang dipimpin Rubin bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux. Hal ini menunjukkan indikasi bahwa Google sedang bersiap menghadapi persaingan dalam pasar telepon seluler. versi android terbaru yaitu versi 3.0. Android juga sudah bergabung dengan beberapa smart mobile seperti Nokia, Sony Ericsson, dan lainnya
            Pada bulan juli 2005, perusahaan tersebut diakuisisi oleh Google dan para pendirinya bergabung ke perusahaan Google. Andy Rubin sendiri kemudian diangkat menjadi Wakil Presiden divisi Mobile dari Google.


            Tujuan pembuatan operasi sistem ini adalah untuk menyediakan platform yang terbuka, yang memudahkan orang untuk mengakses internet dengan mudah menggunakan telepon seluler. Android juga dirancang untuk memberikan kemudahan untuk pengembangan aplikasi membuat aplikasi dengan batasan yang minim sehingga kreativitas pengembangan menjadi lebih berkembang.
            Awalnya teknologi telepon seluler mengunakan sinyal analog yang kemudian berubah menjadi sinyal digital. Sejalan dengan itu, ukuran telepon seluler yang semakin bertambak kecil dan bervariasi bentuknya. Teknologi akses data yang menggunakan jaringan telepon seluler pun berkembang pesat. Hal tu didukung pula dengan perkembangan perangkat telepon selulernya sendiri yang mulai menambahkan kamera, GPS, memori yang lebih besar dan prosessor yang lebih cepat, sehingga telepon seluler manjadi multifungsi.
            Teknologi yang semakin canggih yang ditambahkan pada telepon seluler it juga diikuti dengan muculnya sistem operasi untuk telepon seluler. Sehingga sistem operasi ini disebut smartphone. Awalnya hadir sistem operasi PalmOS, kemudian Symbian, dan jugaPocketPC/Windows Mobile. Kehadiran ketiga operasi sistem itu semakin memperkuat pemanfaatan telepon seluler sebagai perangkat hiburan maupun membantu melaksanakan pekerjaan. Sebab, dengan adanya sistem operasi tersebut para pengembang dapat menciptakan berbagai aplikasi yang dapat berjalan di telepon seluler.
            Namun perkembangan sistem operasi ini sempat mengalami masa stagnasi. Tidak banyak inovasi atau hal baru yang muncul dari ketiga sistem tersebut. Situasi tersebut mulai berubah setelah hadirnya iPhone dengan sistem operasi iOS dan kemudian peranti Android dengan sistem operasi Android. Kedua sistem operasi tersebut menghadirkan pengalaman baru dalam penggunaan telepon seluler. Banyak sekali aplikasi yang bagus, memiliki tampilan yang menarik, dan juga lebih kreatif sehingga penggunaan telepon seluler lebih praktis dan mudah. 

0 komentar:

Copyright © 2012 Nugasoft Production.